Rabu, 13 Agustus 2008

Biografi 05

Aku Kuliah

Aku dinyatakan lulus seleksi PMDK di fakultas Peternakan Universitas Gajah Mada tahun 1986. Sebenarnya aku nggak peduli dengan pengumuman itu, karena aku yakin bahwa Bapakku pasti tidak sanggup membiayai kuliahku. Akupun tidak pernah lagi nengok SMAku setelah selesai ujian akhir. Sampai ada utusan dari sekolah yang mencariku, mengatakan bahwa aku harus masuk ke fakultas itu karena sudah diterima. Pertimbangan yang dikatakan adalah bahwa hal ini menyangkut nama baik sekolah. Akhirnya dengan berat Bapakku mencari pinjaman Rp. 100.000,- untuk biaya semester I. Akhirnya akupun tercatat sebagai mahasiswa di fakultas peternakan UGM. Aku kuliah masih menggunakan sepeda kesayanganku, kukayuh sampai gembrobyos. Jarak rumah ke kampus kira-kira 17 kilo, jadi paling sedikit waktu itu aku bersepeda 35 kilo sehari. Wow. Sekarang naik sepeda 1 kilo saja udah mau putus napas. Biasanya aku singgah di rumah temenku yang berada di tengah-tengah jarak rumah ke kampus, kadang minta minum, kalo ada makanan yach minta makan sekalian….he….he…

Semester satu kulalui dengan lancar. Nilaikupun masih yang terbaik, kalo nggak salah IPku waktu itu 3,65. Masuk semester 2 waktunya bayar uang kuliah lagi sebesar Rp. 110.000,-. Dari mana duitnya, lha utang yang dipakai untuk bayar semester I saja belum terbayar. Bapakku bilang “Wis le, sing penting wis ngrasakke kuliah…”. Yach sudah kumulai hariku sebagai pengangguran. Uenak tenan. Bangun pagi selepas subuh olah raga jogging, sarapan pagi habis itu keluyuran….. Aku coba masukin lamaran untuk jadi apa saja, satpam, buruh pabrik atau apapun. Tak satupun perusahaan yang merespon. Waktu pembangunan taman purbakala Candi Prambanan dimulai, aku ikut jadi kulinya. Cuma bertahan seminggu, dapat gaji Rp. 6000,- . Nggak kuat, tangan yang biasa hanya pegang pulpen koq disuruh angkat rangka baja bangunan. Nggak ada tenaganya

Tidak ada komentar: